Download Juknis BOP PAUD Terbaru

Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD



Selamat sore Bapak/Ibu Guru, Operator Sekolah, maupun Akademisi semua. Dengan ini di infokan bahwa untuk tahun ini Juknis BOP PAUD 2018 yang merupakan Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang telah dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD) sebagai pedoman untuk Pemerintah Daerah, Satuan PAUD dan Pendidikan Non Formal dalam pengelolaan serta pertanggung jawaban untuk laporan DAK Non Fisik BOP PAUD.

Alur Proses Juknis PAUD


Download Juknis BOS PAUD 2018 PDF


Salah satu tujuan dari BOP PAUD guna membantu masyarakat dalam pembiayaan pendidikan untuk anak usia dini atau paud sehingga, nantinya pendidikanPAUD akan dapat berjalan lancar dan bermutu. Selain tujuan diatas, pemerintah juga salah satu tujuan BOP PAUD adalah untuk mendukung segala kegiatan operasional PAUD secara berkelanjutan.

Tujuan dibuatnya Juknis BOP PAUD adalah :

1. Sebagai Petunjuk teknis untuk semua pemangku kepentingan diataranya adalah pemerintah, masyarakat, penerima bantuan, serta berbagai berbagai pihak, untuk mengetahui terkait dengan prosedur dalam pengajuan, penilaian, penetapan, penyaluran dan penggunaan, serta  pertanggung jawaban Bantuan Penyelenggaraan Koordinasi Penuntasan PAUD Pra SD.

2. Juknis BOP PAUD juga digunakan Sebagai rujukan untuk para auditor dalam melakukan pengendalian dan serta pengawasan pelaksanaan program Penuntasan PAUD Pra SD tahun 2018.  Agar nantinya Dana BOP PAUD tidak salah dalam penyaluran dan tepat sasaran dalam pengembangan operasional dan juga non personalia dalaam penyelenggaraan PAUD secaara efektif , yang telah sesuai dengan kebutuhan masing-masing satuan pendidikan dan dapat memperoleh hasil yang efisien.

Berikut ini hal-hal yang berhubungan dengan BOP PAUD :


Tujuan Kegiatan
1. Guna meningkatnya layanaan PAUD yang bermutu untuk anak yang akan masuk ke jenjang SD.
2. Guna meningkatnya dukungan dari para stakeholders terhadap penuntasaan PAUD pra SD sebagai komitmen Daerah.
3. Bertujuan untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam memperkuat komitmen untuk penuntasan PAUD Pra  SD.

Penyelenggara Kegiatan
Dalam penyelenggara Kegiatan Koordinasi Penuntasan PAUD Pra SD adalah dari Dinas Pendidikan
Kabupaten maupun Kota yang telah menandatangani komitmen penuntasan PAUD minimal 1 tahun
pra SD.

Peserta Kegiatan
Untuk Peserta Kegiatan Koordinasi Penuntasan PAUD Pra SD adalah pemangku Kepentingan seperti, tokoh masyarakat, Bunda PAUD, Camat, Kepala Desa/Kelurahan, dan instansi yang terkait di wilayah kerja kabupaten/kotamadya

Alokasi
Untuk alokasi penggunaan dana BOP PAUD tahun anggaran 2018 akan ditetapkan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku pada tahun 2018.

Sasaran
Sasaran dalam penyaluran program dana BOP PAUD adalah Satuan PAUD dan juga Satuan Pendidikan Non Formal yang memiliki ketentuan peserta didik yang telah terdata dalam data pokok pendidikan (Dapodik) PAUD-Dikmas.

Pelaporan
Untuk pelaporan dana BOP PAUD akan dilakukan secara bertahap mulai dari laporan tingkat satuan PAUD, selanjutnya pendidikan non formal, kemudian pemerintah daerah yang berwenang, dan terkahirn pemerintah pusat. Isian dari Pelaporan diantaranya: RKAS ( Rencana Kegiatan Anggaran Satuan PAUD) dan serta pendidikan non formal (RKAS), pembukuan penggunaan dana yang telah digunakan, rekapitulasi terkait jumlah penggunaan BOP PAUD, dan serta penanganan apabila nanti terdapat pengaduan dari para masyarakat.

Agar dapat  lebih jelas terkait Juknis BOP PAUD 2018 silahkan dapat di download pada link dibawah ini dalam format PDF.

Download Juknis BOP PAUD 2018 Pdf

Demikian informasi mengenai Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2018, semoga bermanfaat dalam mengelola BOP PAUD 2018.

Sebutik Edutoys membantu menyediakan APE PAUD TK dari bahan kayu pinus dan cat waterbased (nontoxic) dengan harga terbaik. Untuk info dan ketersediaan produk mainan edukasi silahkan hubungi kami di 085643395684 (wa).

Salam Bermain & Belajar,

085643395684 | Mainan & Alat Peraga Edukasi: ✓ APE PAUD ✓ Mainan Kayu SNI ✓ Sentra Balok TK ✓ Buku Bantal Kain Flanel

Total :
Kirim SMS Tambah ke Keranjang

Detail Pesanan ×

Download Juknis BOP PAUD Terbaru
Sub Total : **%20



Pesan