Mainan Edukasi Kayu

EDUTOYS TK PAUD Balok Susun Pembangunan

Berisi 100 pcs balok kayu natural aneka bentuk untuk melatih sensorik dan motorik serta mengasah kreativitas dan daya eksplorasi anak dalam menyusun dan merancang bangun...

5 Jenis Puzzle yang Terkenal di Dunia yang Belum Anda Ketahui

sebutik.com - Menyambung artikel tentang puzzle kemarin dan masih seputar puzzle. Apakah kamu pernah memainkan mainan yang satu ini? Jikalau belum pernah, kemungkinan masa kecil kamu kurang bahagia. Kenapa? Karena mainan bongkar pasang ini dimainkan oleh sebagian besar anak-anak. Mulai dari anak laki-laki sampai anak perempuan usia 1-5 tahun.

5 Jenis Puzzle di Dunia

Permainan Puzzle


Bagi Anda yang pernah mencoba memainkan mainan puzzle, jenis puzzle apakah yang kamu sukai? Seberapa cepatkah kamu menyelesaikan permainan puzzle? Seberapa banyak kepingan puzzle yang dapat kamu susun? Apakah kamu tahu bahwa jenis-jenis puzzle sangat banyak?

Untuk mengetahuinya mari kita tanyakan kepada narasumber Septi Hermawati dari Toko Mainan Edukatif di Jogja ini. "Puzzle adalah media yang dimainkan dengan cara bongkar pasang untuk menyusun kepingan-kepingan yang disatukan hingga membentuk sesuatu objek atau gambar" ucapnya mengawali pembicaraan.

"Puzzle merupakan media sederhana yang dimainkan dengan cara bongkar pasang. puzzle merupakan alat permainan edukatif yang dapat merangsang kemampuan anak, yang dimainkan dengan cara menyusun ulang kepingan puzzle berdasarkan pasangannya". Ujar wanita pemilik aneka mainan edukatif itu sambil menyusun puzzle.

Artikel terkait:
Asal Mula dan Sejarah Puzzle
7 Hal Penting Dalam Memilih Mainan Anak
12 Manfaat Mainan Edukatif Bagi Anak
58 Judul Buku Bantal Buku Kain Edukatif Balita

5 Jenis Puzzle yang Terkenal di Seluruh Dunia:


Logic Puzzle
Logic Puzzle adalah puzzle yang menggunakan logika berpikir. Seperti permainan teka teki silang, grid puzzle, tic toc, dan sudoku.

Jigsaw Puzzle 
Jigsaw Puzzle adalah puzzle yang berupa kepingan gambar. Puzzle inilah yang umumnya banyak dimainkan dan digemari oleh anak-anak. Jigsaw puzzle inilah yang umumnya diketahui oleh sebagian besar orang. Bahan pembuat puzzle ini umumnya dari kayu atau MDF. Contoh jigsaw puzzle adalah tangram, puzzle huruf angka, puzzle hewan/binatang, puzzle buah sayur, puzzle matematika.

Combination Puzzle
Combination puzzle adalah puzzle yang dapat diselesaikan melalui beberapa kombinasi yang berbeda. Puzzle ini biasanya terbuat dari plastik atau kayu. Contoh combination puzzle adalah rubik cube dan chungky puzzle

Mechanical Puzzle 
Mechanical Puzzle adalah puzzle yang kepingnya saling berhubungan dan dapat membentuk suatu formasi. Contoh puzzle mechanical adalah mainan lego dan tetris kubus.

Construction Puzzle 
Puzzle konstruksi merupakan kumpulan potongan-potongan yang terpisah, yang dapat digabungkan kembali menjadi beberapa model. Mainan construction puzzle yang paling umum adalah blok-blok kayu berwarna-warni. Mainan rakitan ini sesuai untuk anak yang suka bekerja dengan tangan, suka memecahkan puzzle, dan suka berimajinasi. Contoh puzzle ini adalah mainan city block dan mainan kayu rainbow block.

Produk terkait:
Beli Puzzle Knop Huruf
Beli Puzzle Hewan
Beli Chungky Puzzle Buah
Beli Puzzle Hitung Kereta

Puzzle dan Fungsi Edukatifnya Bagi Anak


"Nah diantara jenis-jenis puzzle diatas yang sangat beragam, puzzle yang menjadi favorit anak-anak adalah puzzle jigsaw dan puzzle kontruksi". cetus mantan wanita karier yang akhirnya memutuskan  untuk membuka toko mainan di jogja ini.

Karena puzzle kayu tersebut memiliki nilai edukasi yang lebih dibading puzzle-puzzle lainnya. Dengan banyak model dan pola, ada yang bertema transportasi dan profesi, bertema hewan, bertema pengenalan huruf dan angka, bertema buah dan sayur, dan masih banyak lainnya.

Puzzle-puzzle tersebut dapat mengembangkan keterampilan motorik dan sensorik serta anak akan berlatih untuk memecahkan masalah. Puzzle ini dimainkan dengan cara menyusun kepingan puzzle hingga membentuk suatu gambar yang utuh. Merupakan sebuah kebahagian bagi si anak apabila dapat menyelesaikan dan menyusun sebuah puzzle.

Pada umumnya jika dilihat dari sisi edukasi permainan puzzle ini berfungsi untuk melatih konsentrasi, ketelitian dan kesabaran. Melatih koordinasi mata dan tangan. Melatih logika berpikir. Memperkuat daya ingat. Mengenalkan anak pada konsep hubungan satu sama lain. Dengan memilih gambar/bentuk, dapat melatih kemampuan berpikir matematis.

Lokasi Jual Puzzle di Yogyakarta


Jadi puzzle manakah yang kamu sukai? Apakah kamu sudah memiliki puzzle dirumah? Jika kamu belum tahu tempat atau toko yang menjual puzzle edukatif, kamu bisa datang ke Toko Mainan Edukatif Anak dan Bayi sebutik.com di jalan Gorongan III No.215 Condongcatur. Persis disebelah barat halte trans kampus UPN Veteran. Untuk info jenis puzzle untuk anak, silahkan hubungi 085643395684.