Mainan Edukasi Kayu

APE PAUD Balok PDK Natural 100

Berisi 100 pcs balok kayu natural aneka bentuk untuk melatih sensorik dan motorik serta mengasah kreativitas dan daya eksplorasi anak dalam menyusun dan merancang bangun...

Asal Mula dan Sejarah Puzzle yang Wajib Anda Ketahui

sebutik.com - Puzzle siapa yang belum pernah memainkan permainan yang satu ini? Tentu saya rasa hampir semua orang pernah memainkan puzzle. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun pernah mencoba permainan puzzle ini.

Asal Mula dan Sejarah Puzzle

Tetapi apakah kita tahu bagaimanakah sejarah puzzle? Kapan puzzle pertama kali dibuat? Selanjutnya tentang puzzle akan dibahas lengkap disini oleh salah seorang pemilik dari Toko Mainan sebutik di Sleman.

Asal Mula Puzzle


Kata puzzle sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti teka-teki atau bongkar pasang. Sedangkan Puzzle dalam kamus bahasa Indonesia diartikan sebagai tebak-tebakan. Tebak-tebakan adalah sebuah masalah atau teka-teki yang diberikan sebagai hiburan yang biasanya ditulis, atau dilakukan. Banyak tebakan berakar dari masalah matematika.

Artikel terkait:
12 Manfaat Mainan Edukatif Bagi Anak
Buku Bantal sebagai Buku Kain Edukatif Balita
19 Daftar Merk Pembalut di Indonesia

"Puzzle adalah permainan menyusun ulang kepingan gambar supaya membentuk gambar utuh pada sebuah bingkai". Menurut septi, salah satu Agen Mainan Kayu di jogja ini. "Sederhananya, puzzle adalah permainan menyusun kembali potongan gambar". Ujarnya sambil menata aneka mainan anak di rak.

"Masih ingin tahu lebih banyak tentang mainan kayu yang bernama puzzle ini? Mari kita lanjutkan!". Ucapnya semangat saat perhatian saya tertuju pada daftar mainan terbaru yang ada di Toko Grosir Mainan Anak tersebut.

Sejarah Jigsaw, Puzzle Pertama Kali yang Diciptakan


Kali pertama puzzle yang dibuat adalah jigsaw puzzle. Pada tahun 1766 oleh John Spilsbury seorang ahli pembuat peta, jigsaw puzzle tercipta melalui idenya yaitu menggambar sebuah peta pada lembaran kayu dan dipotong-potong berdasarkan batas garis negaranya.

Puzzle ini dibuat untuk membantu dalam pelajaran geografi bagi anak-anak sekolah pada jaman itu. Dengan menyusun kepingan-kepingan puzzle peta tersebut, murid akan belajar tentang lokasi, posisi, dan hubungan geografi antar masing-masing negara.

John Spilsbury melihat ini sebagai peluang bisnis, kemudian ia memproduksi dan menjual puzzle peta tersebut. Sejarah puzzle jigsaw hingga kini mengikuti perkembangan zaman. Mesin untuk potong puzzle kini bukan hanya mesin jigsaw, ada mesin pon, mesin srollsaw, atau menggunakan sinar laser untuk memotong kepingan-kepingan yang dibuat puzzle. Pola yang dibuat kini bukan hanya peta, ada banyak sekali puzzle dengan pola dan gambar menarik yang banyak di jumpai di toko mainan edukatif.

Selain jigsaw puzzle, ada juga bentuk puzzle lain seperti tangram. Tangram adalah puzzle yang berasal dari Cina pada tahun 1815. Dalam literatur yang berjudul "The Eighth Book Of Tan" tertulis bahwa permainan ini sudah ada sejak 4000 tahun yang lalu oleh Dewa bernama Tan. Permainan yang berisi bentuk-bentuk sebanyak 700 buah dan beberapa diantaranya mustahil untuk dipecahkan.


Puzzle dan Sejenisnya


Sejak saat itu hingga saat ini, mulai banyak bermunculan jenis puzzle terbaru. Dengan keanehan-keanehan cara dan desain yang mungkin mustahil jika dilihat, tapi ternyata permainan yang membutuhkan kemampuan otak tersebut dapat juga dipecahkan dan dimainkan. Seperti permainan teka teki silang, puzzle labirin, puzzle mekanik, logic puzzle, construction puzzle, combination Puzzle, rubik's cube dan yang terbaru saat ini adalah puzzle hitung.

"Sejarah puzzle ternyata cukup panjang dan menarik bukan?". tanyanya sambil mengakhiri cerita awal mula puzzle. Puzzle memang unik, semakin sulit dimainkan tentu semakin menyenangkan. Rasa penasaran itulah yang membuat sensasi berbeda ketika memainkan mainan kayu unik ini.

Produk terkait:
Grosir Chungky Puzzle Buah
Puzzle Hitung Hewan
Puzzle Knop Angka

Toko Mainan Jual Puzzle Jogja


Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang puzzle dan jenisnya, Anda bisa singgah di Toko Mainan Edukatif di Jogja ini. Banyak permainan edukasi anak yang bisa Anda temukan disana. Harga yang ditawarkan pun menarik dan cukup murah di bandingkan dengan toko mainan online yang ada.

Saat ini di Distributor Mainan Anak di Jogja ini sedang ada promo akhir tahun. Untuk setiap pembelian mainan anak akan mendapatkan diskon sebesar 10%. Termasuk puzzle kayu terbaru, mainan kayu, buku bantal bayi atau softbook balita, buku kain islami dan teether book carter.

Jadi silahkan Anda meluncur ke alamat dan tempat yang jual mainan grosir di daerah yogyakarta yaitu sebutik.com yang menjual aneka puzzle dan mainan edukatif anak di jalan Gorongan III No.215 Condongcatur. Tepatnya di sebelah barat kampus UPN Veteran.