Mainan Edukasi Kayu

EDUTOYS TK PAUD Balok Susun Pembangunan

Berisi 100 pcs balok kayu natural aneka bentuk untuk melatih sensorik dan motorik serta mengasah kreativitas dan daya eksplorasi anak dalam menyusun dan merancang bangun...

Mainan Kayu Dan Mainan Plastik Mana Yang Lebih Aman?

sebutik.com - Mengenai pentingnya mainan edukasi anak tentu sudah banyak yang mengetahui, bagaimana efeknya terhadap kecerdasan anak. Di sekolah anak usia dini seperti playgroup dan tk, sudah dipastikan memiliki mainan edukasi anak sendiri. Ada yang terbuat dari kertas, kayu, plastik dan lainnya.

Mainan Anak dari Kayu

Mainan Kayu VS Mainan Plastik


Berdasarkan material atau bahan dasarnya, mainan edukasi anak terbagi kedalam 2 jenis, yaitu sintetis dan organik. Mainan sintetis seperti plastik umumnya terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride (PVC). Para produsen mainan sudah lama menggunakan PVC ini sebagai bahan utama pembuatan mainan edukasi anak. Selain awet dan tahan lama, bahan ini juga mudah dibuat menjadi berbagai macam bentuk.

Mainan plastik lebih banyak di temukan di toko mainan anak, mulai dari mainan mobil-mobilan, pistol mainan, bola, boneka, mainan robot, dan sebagainya. Tidak hanya pada mainan, plastik juga banyak ditemukan pada perlengkapan anak seperti botol susu dan peralatan makan.

Terkadang banyak para orang tua lebih banyak memilih mainan plastik dibandingkan mainan kayu. Salah satu alasannya adalah karena mainan dari kayu relatif lebih mahal dibanding mainan plastik. Namun apakah hal tersebut bisa dibenarkan? Silahkan lanjutkan membaca dan simak baik-baik artikel mengenai mainan anak dari kayu atau plastik ini. Atau baca artikel Bakat Anak di Lihat dari Mainan Kesukaannya.

Efek Samping Mainan Berbahan Plastik


Namun saat ini banyak beredar mainan edukasi anak yang terbuat dari plastik daur ulang. Penambahan zat kimia pada proses daur ulang tersebut menghasilkan beberapa zat kimia yang berbahaya seperti Diisononyl Phthalate (DINP), Diethyl Hexyl Phthalate (DEHP), Bisphenol A (BPA), Merkuri dan Timbal.

Kontaminasi bahan-bahan tersebut pada anak bisa menyebabkan berbagai gangguan dan kelainan kesehatan. Misalnya alergi pada kulit, gangguan pencernaan, gangguan reproduksi, asma, pubertas dini, bahkan kerusakan otak dan penurunan produksi sperma pada anak laki-laki.

Untuk itu disarankan kepada orangtua untuk lebih berhati-hati dalam memilih peralatan dan mainan edukasi anak dari plastik, pastikan 100% bebas dari bahan-bahan yang mengandung zat berbahaya diatas.

Keunggulan Mainan Kayu


Mainan edukasi yang terbuat dari kayu cukup banyak ditemukan di toko mainan anak, tetapi juga tidak sedikit yang terbuat dari plastik. Namun penggunaan bahan dasar kayu lebih disarankan karena lebih aman. Ditambah lagi penambahan cat berbahan dasar air (waterbased), yang tidak berbau menyengat dibandingkan cat minyak.

Tentu tak ada salahnya bila Anda mempertimbangkan membeli mainan dari material organik seperti mainan kayu. Apalagi dibandingkan mainan sintetis dari plastik, mainan kayu memiliki lebih banyak keunggulan.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari mainan yang terbuat dari kayu:

1. Bahan dasar organik
Karena berbahan dasar organik, tentunya mainan kayu lebih ramah lingkungan dibandingkan mainan plastik yang sangat susah sekali terurai.

2. Minim Bahan Kimia
Mainan berbahan kayu pada proses pembuatannya sangat sedikit sekali penambahan bahan kimianya, karena sudah menggunakan cat berbahan dasar air (waterbased). Cat bersertifikat nontoxic tersebut tidak berbau seperti cat minyak pada umumnya, dan tentunya aman bagi anak-anak.

3. Mudah di Genggam
Tidak seperti plastik yang licin mainan dengan bahan kayu mempunyai tekstur yang sedikit kasar, sehingga lebih nyaman dipegang dan digenggam oleh tangan.

4. Lebih Kuat
Karena berasal dari bahan alami, mainan kayu terbukti lebih kuat dibandingkan dengan mainan plastik yang rapuh dan mudah pecah.

5. Mudah diperbaiki
Produk mainan dari plastik jika pecah atau patah akan sulit untuk diperbaiki kembali, Tidak seperti mainan kayu yang mudah diperbaiki dengan menggunakan lem.

6. Awet dan Tahan Lama
Selama tetap kering, mainan kayu akan tahan untuk waktu yang cukup lama. Sedangkan mainan plastik, jika sering dimainkan akan mudah pecah atau patah.

Mencari Mainan Kayu Edukasi


Tentunya harus tepat dalam mencari atau memilih mainan edukasi dari kayu untuk anak. Harus disesuaikan oleh usia dan kebutuhan anak tersebut. Atau dengan kata lain pemberian mainan edukasi haruslah secara bertahap. Baca juga artikel 7 Hal Penting Dalam Memilih Mainan.

Pemilihan mainan yang tidak tepat akan menghambat proses tumbuh kembang anak. Seperti pemberian mainan bongkar pasang pada anak usia 1 tahun. Karena umumnya pada umur tersebut anak daya imajinasi dan kreativitasnya belum terbentuk. Dan akan mulai terbentuk pada saat anak berusia 2 tahun.

Saat ini cukup banyak toko yang menjual mainan kayu, tetapi tidak banyak yang memiliki toko fisik (dengan kata lain hanya toko online). Sebutik Toys adalah salah satu toko mainan kayu yang mempunya toko fisik dan juga toko online (www.sebutik.com).

Sebagai agen mainan kayuku jogja, sebutik toys menjual aneka mainan kayu edukasi seperti balok susun dan bongkar pasarng, puzzle hewan, balok huruf dan angka, mainan anak paud dan tk, permainan montessori anak 1-5 tahun dengan harga yang cukup murah dibandingkan dengan distributor mainan anak lain.

Penasaran dengan mainan yang ada di sebutik toys? Silahkan datang ke jalan gorongan 3 no.215 condongcatur sleman. Lokasi toko mainan sebutik berada tepat di sebelah barat kampus upn veteran. Jika dari arah ringroad utara ada disebelah kiri setelah halte trans jogja. Atau mau tanya tentang produk mainan kayu bisa menghubungi 085643395684.