Mainan Edukasi Kayu

APE PAUD Balok PDK Natural 100

Berisi 100 pcs balok kayu natural aneka bentuk untuk melatih sensorik dan motorik serta mengasah kreativitas dan daya eksplorasi anak dalam menyusun dan merancang bangun...

Cara Memilih Mainan Anak 1 Tahun yang Sesuai

Mainan anak 1 tahun

sebutik.com - Cara untuk memilih mainan untuk anak 1 tahun bukanlah perkara yang mudah bagi orang tua, terutama mainan yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga haruslah mengandung unsur edukasi.


Mainan Anak 1 Tahun


Tidak sedikit orang tua yang mengalami kesulitan ketika memilih mainan yang mendidik sekaligus menyenangkan. Akibatnya, orang tua sering melakukan kesalahan dalam memilih mainan untuk anaknya yang masih berusia 1 tahun.

Kesalahan tersebut, contohnya memberikan mainan untuk anak 1 tahun yang terbuat dari bahan kimia berbahaya sehingga memungkinkan anak terpapar bahan kimia tersebut.

Contoh lain, ketika memilih mainan yang bertujuan mengembangkan aspek motorik anak, orang tua memberi mainan yang berukuran kecil sehingga dapat mengakibatkan tertelan.

Sesuai dengan maknanya, mainan edukatif adalah alat atau sarana bermain yang tidak hanya mengandung unsur kesenangan, tetapi juga mengandung unsur pendidikan yang bernilai positif bagi perkembangan anak.

Mainan yang edukatif juga dapat meningkatkan kecerdasan anak, baik kecerdasan otak, kecerdasan emosional, maupun kecerdasan motorik. Oleh karena itu, kita harus mengetahui jenis dan kriteria mainan untuk anak 1 tahun yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Apa sajakah kriterianya? Simak informasinya berikut ini.

Memilih mainan edukatif untuk anak


Pilihlah mainan yang sesuai dengan usia anak, jenis kelamin anak, dan aman serta menyenangkan bagi anak. Tetapi Anda harus pintar-pintar memilih mainan yang edukatif dan interaktif untuk anak.

Apalagi kalau bayi anda masih di bawah satu tahun. Mainan apa saja yang cocok untuk dimainkan bayi Anda? Berikut ini kami rangkum beberapa di antaranya adalah:

1. Boneka

Boneka bukan cuma mainan buat anak perempuan, lho. Anak-anak cenderung lebih mudah berimajinasi dengan objek berwujud makhluk hidup seperti boneka. Selain itu, boneka juga membantu anak untuk mempersiapkan diri dalam berkomunikasi dengan manusia sejak dini.

2. Building Blocks

Building blocks atau mainan bongkar pasang bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan motorik anak. Perakitan blok dan menciptakan hal-hal makna mereka sendiri juga membantu dalam meningkatkan keterampilan kognitif. Untuk saat pertama sebaiknya mulai dengan blok besar. Setelah anak mulai besar, secara bertahap ganti dengan building blocks yang lebih kecil dan rumit.

3. Bola

Hindari bola plastik karena anak-anak memiliki kecenderungan untuk meletakkan segala sesuatu di mulut mereka. Sebaiknya pilih bola yang berbentuk boneka. Mainan berbentuk bola akan membantu anak mengembangkan keterampilan motorik kasar mereka. Setelah mereka mampu menangkap dan melemparkan dengan benar, perkenalkan anak dengan jenis permainan bola yang tingkat kesulitannya lebih tinggi.

4. Rattle toy

Rattle toy atau mainan kerincingan bisa menjadi sara perkenalan anak terhadap musik. Bunyi gemerincingnya sangat disukai anak-anak dan memancing rasa ingin tahu mereka. Mainan dengan teether book seperti ini bisa membantu mengembangkan keterampilan sensorik anak.

5. Buku

Buku dengan cerita menarik yang dipenuhi ilustrasi warna-warni bisa merangsang keinginan anak untuk belajar berimajinasi dan mengenali objek. Buku cerita juga bisa menjadi sarana untuk melatih ketajaman memori anak. Jangan biarkan balita anda memakan buku kertas! Kenalkan dengan Buku Bantal yang aman dan edukatif. Tidak bisa disobek, tidak bisa dimakan/tertelan.

Itulah beberapa jenis mainan edukatif anak yang bisa anda pilihkan untuk anak 1 tahun. Sebelum memilih mainan untuk anak, pastikan salah satu mainan pilihan anda tidak terbuat dari bahan yang berbahaya.

Kriteria di atas hanyalah beberapa kriteria yang harus dipenuhi pada mainan untuk anak balita. kita dapat menambahkan kriteria lain yang sesuai dengan karakter atau kepribadian anak.

Apa pun kriteria dan jenis mainan yang kita berikan kepada anak, hal yang terpenting adalah keterlibatan orang tua dalam menemani anak bermain.

Membeli Mainan Anak 1 Tahun


Jangan pernah lengah dan melepaskan perhatian kepada anak karena anak usia balita belum mengerti hal-hal yang baik atau buruk bagi dirinya. Diperlukan pengawasan yang ketat setiap anak bermain, terlebih main diluar ruangan.

Nah, dari inspirasi mainan edukatif diatas, anda bisa membeli mainan tersebut dengan memesan langsung secara online di Sebutik Edutoys, Pusat Mainan Edukatif Anak Terlengkap dan Termurah.

Untuk melihat koleksi mainan edukatif anak lainnya, Sebutik lovers bisa melihatnya di sebutik.com atau mengunjungi langsung ke lokasi toko mainan edukatif yang berlokasi di Jalan Gorongan III No.215 Condongcatur Sleman Yogyakarta. Untuk info dan pemesanan silahkan hubungi 085643395684 (telp, sms dan wa).

Itulah sekilas mengenai artikel Cara Memilih Mainan Anak 1 Tahun yang Sesuai, mudah-mudahan bisa menjadi refensi anda sebelum membeli mainan untuk si buah hati.