4 Cara Mudah Atasi Iritasi Akibat Menggunakan Pembalut Wanita Biasa

sebutik.com - Sebelumnya sudah pernah dibahas tentang bahan kimia berbahaya yang mungkin menyebabkan timbulnya kanker pada pembalut wanita. Dulu, permasalahan mengenai pemutih yang digunakan pada pembalut wanita sempat heboh namun ternyata sudah dikonfirmasi bahwa kadarnya masih dalam tahap aman dan tidak membahayakan.

pembalut_biasa_bukan_pembalut_herbal_avail

Ternyata tidak berhenti sampai di situ saja SeButik Lovers. Dikutip dari naturalnews.com, sebuah penelitian baru yang dilakukan di Argentina menemukan bahwa 85% dari produk pembalut wanita yang berbahan kapas (baik yang dalam bentuk lembaran maupun tampon) mengandung glyphosate, yaitu semacam bahan utama dalam herbisida.

Kandungan didalam pembalut wanita


Bahan kimia glifosat ini punya potensi sebagai bahan karsinogenik (menyebabkan kanker) oleh WHO. Bukan hanya pembalut wanita saja yang diindikasi mengandung bahan berbahaya ini, berbagai keperluan rumah yang terbuat dari katun, kapas dan tisu ternyata juga mengandung racun glifosat.

Menurut laporan, glifosat  ditemukan di 85% produk yang mengandung kapas yang dibeli di apotek dan supermarket, kasa steril, pembalut, kapas make up dan bahkan tisu. Hal ini sudah dibuktikan dengan pengambilan sampel barang dari berbagai produk yang dijual di pasaran.

Bahan kimia yang ditemukan dalam obat herbisida ini cukup mematikan jika masuk ke dalam tubuh karena bersifat racun. Beberapa hewan bisa langsung pingsan atau mati. Meski belum ada korban manusia diakibatkan oleh kandungan glifosat, namun penemuan ini jadi hal yang patut diperhatikan secara serius karena menyangkut kesehatan banyak orang.

Namun tentu saja masih butuh banyak bukti dan penelitian, karena hasil tersebut ditemukan di negara Argentina. Belum dilakukan penelitian yang jelas untuk produk pembalut wanita di Indonesia, namun kamu tetap harus berhati-hati ya SeButik Lovers.

Dioxin pada pembalut biasa


Selain glifosat, ada juga bahan lain yang berbahaya yang terdapat pada pembalut biasa, yaitu dioxin. Dioxin adalah salah satu dari ratusan senyawa kimia beracun yang larut dalam lemak dan sangat stabil di lingkungan, sehingga bakteri di alam pun tidak dapat menguraikannya. Nama lengkapnya: Tetraclorodibenzo-p-dioxin atau disingkat TCDD rumus kimianya: C12H4O2Cl4. Bagi masyarakat awam dioxin adalah nama kimia yang tidak sepopuler DDT atau merkuri.

Namun bagi para ahli toksikologi lingkungan dioxin dikenal sebagai zat kimia yang amat toksis (beracun). International Agency for Research on Cancer (IARCH), satu bagian dari organisasi kesehatan PBB-WHO pada tanggal 14 Februari 1997 mengumumkan bahwa dioxin dengan rumus kimia 2,3,7,8 tetra chlorodibenzo-p-dioxin adalah zat penyebab kanker (karsinogenik) nomor satu di dunia dan dikenal sebagai zat penyebab kanker-buatan manusia yang paling berbahaya.

Dioxin merupakan sebuah hasil sampingan dari proses Bleaching (pemutihan) yang digunakan pada pabrik kertas, termasuk pabrik pembalut wanita, tissue, sanitary pad dan diaper (pembalut/popok untuk anak-anak). Bagi masyarakat awam, nama Dioxin tidaklah sepopuler Merkuri ataupun Formalin, namun bagi para ahli toksikologi lingkungan Dioxin dikenal sebagai zat kimia yang amat toksis (beracun).

Dioxin menyerang sel2 receptor yang dirancang untuk mengatur kerja hormon2 dan enzym2 sehingga:
1. Merusak enzym: aryl hydrocarbon hydroxylase yang menyebabkan gejala kanker. Survey membuktikan:Kejadian kanker testis berlipat 3X dalam 50 th.
2. Merusak hormon2:Jumlah kepadatan sperma laki2 seluruh dunia turun 50% dibandi...ngkan 50 thn yang lalu.

Bagaimana zat dioxin bisa meresap ke dalam rahim wanita?

Pertanyaan yang bagus, ketika kita menstruasi dan memakai pembalut biasa, darah haid yang jatuh ke permukaan pembalut, akan menyebabkan zat dioxin terlepas melalui penguapan. Pertama akan mengenai permukaan vagina, kemudian akan diserap dalam rahim melalui saluran serviks, menuju uterus, tuba fallopi, dan berakhir di ovarium, apa yang akan terjadi setelah penumpukan tersebut berlangsung setiap detik selama haid selama berapa tahun???

Dioksin secara langsung mampu menurunkan sel B dan secara tidak langsung menurunkan jumlah sel T yang berperan dalam sistem imun. Karena mampu mengubah fungsi genetika sel, jadi dapat menyebabkan timbulnya penyakit genetis dan dapat mempengaruhi pertumbuhan anak.

Di Mana Saja Ada Dioksin?

Dioksin sangat jarang terdapat dalam alam, sebagian besar dioksin bersumber dari manusia. Sejarah mengapa dioksin mulai terakumulasi ke dalam lingkungan hidup yaitu ketika founder perusahaan Dow Chemical (Midland, Michigan) menemukan suatu cara membelah molekul garam dapur (NACl) sehingga pecah menjadi atom-atom natrium dan atom klorin.

Dengan demikian, hal itu menjadi tonggak sejarah pertama kali manusia mampu menghasilkan jumlah klorin bebas secara besar-besaran. Disebut klorin bebas karena tidak melekat pada senyawa atau atom lain. Pada awalnya, mereka kebingungan mau diapakan klorin bebas tersebut, yang merupakan limbah yang tidak tahu kegunaannya dan bersifat berbahaya.

Umumnya dioxin dihasilkan dari pembakaran sampah, hasil samping produk pestisida, pembakaran dari proses produksi baja atau proses kimia suatu produk yang menggunakan chlor sebagai pemutih seperti kertas, plastik, bahan T-shirt dan sebagainya.

Dioksin dikenal sebagai senyawa hidrofobik (tidak akur dengan air). Artinya bila dioksin berada di air, akan menghindari air dan mencari tempelan atau masuk ke dalam tubuh ikan. Demikian juga halnya mekanisme cara pencemaran pada binatang liar. Dioksin akan mencari binatang untuk ditempeli dan dimasuki.

Yang sangat disayangkan, manusia tidak memiliki piranti dan mekanisme yang mampu memusnahkan dioksin di dalam tubuhnya dan membiarkan saja pecah sendiri menurut waktu paruh pemecahan secara alamiah (chemical half time).

Dari hasil evaluasi EPA (1994), telah dikonfirmasikan bahwa dioksin merupakan senyawa organik yang paling beracun yang manusia pernah ketahui, pengaruhnya sangat negatif terhadap risiko kesehatan, bahkan dengan dosis yang sangat kecil yaitu 10-15 ppt (part per trillion), yang terakumulasi selama hidup.

Berdasarkan hal tersebut, EPA menetapkan ambang batas dioxin yang diizinkan dalam tubuh manusia adalah sekitar 0,006 pikogram (seper juta-juta gram) per kilogram berat badan, atau sekitar 0,40 pikogram untuk seorang dewasa. Sedangkan dosis yang dapat dipakai acuan adalah ADI (Acceptable Daily Intake) dari WHO yaitu 1-10 pg/kg/hari.

Metabolisme dan daya tahan tubuh wanita berbeda-beda, sehingga efek zat Dioxin pun ada yang langsung merasakan, ada pula yang setelah beberapa lama baru menimbulkan dampak penyakit yang sangat berbahaya. Banyak wanita terjangkit infeksi vagina disebabkan oleh pemakaian pembalut yang tidak berkualitas. Jika seorang wanita terjangkit infeksi vagina sejak usia 20 tahun,maka sedikitnya 6 tahun hidupnya akan dihabiskan untuk pengobatan dan perawatan infeksinya.

Keluhan iritasi akibat pemakaian pembalut biasa ternyata sering sekali dialami oleh kaum perempuan, bisa jadi salah satunya adalah kamu. Pembalut yang salah atau bahannya kurang berkualitas akan menyebabkan gesekan pada bagian intim. Kulit yang sensitif akan mudah mengalami iritasi.

4 Cara mudah atasi iritasi akibat penggunaan pembalut biasa


Dilansir oleh laman livestrong.com, gatal dan kulit kemerahan pun akan muncul karena iritasi ini SeButik Lovers. Nggak cuma itu saja, parfum yang terdapat dalam beberapa produk pembalut ternyata juga bisa menyebabkan iritasi lho. Buat kamu yang bermasalah dengan iritasi bisa menyimak tips-tips berikut ini agar bebas dari gatal dan masalah lainnya.

1. Kebersihan

Yang ini juga tips yang super penting. Kebersihan adalah hal yang terpenting. Ini karena pembalut yang lama tidak diganti dan dibiarkan maka bakteri akan mudah berkembang di area intim. Akibatnya vagina akan terasa gatal dan seringkali timbul ruam.

2. Batasi pemakain

Jangan membiasakan memakai pembalut lebih dari 4 jam. Apabila kamu sedang mengalami haid yang cukup banyak, ganti pembalut setidaknya setiap 2 jam sekali. Namun apabila jumlah yang keluar tidak terlalu banyak, setidaknya pembalut harus diganti setiap 4-5 jam. Ingat SeButik Lovers, kebersihan adalah kunci penting agar iritasi tidak muncul.

3. Parfum pada pembalut

Permasalahan ini sering dialami oleh wanita yang memiliki kulit sensitif. Jika kamu punya kulit sensitif ada baiknya untuk menghindari pembalut wanita yang berparfum.

Kulit yang sensitif tidak tahan terhadap aroma parfum dan kulit vagina akan mudah terkena iritasi. Untuk itu pilih saja pembalut yang non-perfume untuk lebih amannya

Mengalami iritasi pada Miss V? Lakukan tips mudah ini saja SeButik Lovers. Kamu bisa merebus 3-5 lembar daun sirih. Dinginkan, kemudian setelah dingin digunakan sebagai air untuk membasuh daerah kewanitaan. Ini akan meredakan iritasi dan menyembuhkannya dengan lebih alami.

4. Sabun dan bedak tabur

Sebisa mungkin juga hindari penggunaan sabun atau bedak tabur. Ini akan memperparah kondisi iritasi.

Nah, kita tidak tahu bukan APA KONDISI KITA DAYA TAHAN TUBUHNYA CUKUP BAGUS??? Bagaimana bila sebaliknya? LEBIH BERHARGA MANA ANTARA WAJAH DAN MISS V? tentu sama-sama penting. Dan LEBIH PENTING MANA KESEHATAN MISS V DENGAN KEBUTUHAN SEKUNDER KITA KAYAK PULSA, KOSMETIK, BAJU dsb?

Karena itu, sebagai langkah ikhtiar, marilah kita beralih dari menggunakan pembalut biasa ke pembalut herbal Avail. Sebab organ genitalia sangat rawan dan penting. Tidak hanya bagi wanita itu sendiri, namun juga suami serta keluarga.

Semoga informasi ini bermanfaat ya SeButik Lovers. Simak juga artikel kesehatan lainnya seperti Saatnya beralih ke pembalut avail