Mainan Edukasi Kayu

EDUTOYS TK PAUD Balok Susun Pembangunan

Berisi 100 pcs balok kayu natural aneka bentuk untuk melatih sensorik dan motorik serta mengasah kreativitas dan daya eksplorasi anak dalam menyusun dan merancang bangun...

6 Hal yang Harus di Ketahui Wanita Ketika Mengganti Pembalut Saat Haid Datang

sebutik.com - Haid atau menstruasi adalah siklus alami proses keluarnya darah dari dalam rahim yang disebabkan karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Haid ini umumnya terjadi sekitar 4 minggu sekali dan  pasti akan terjadi berulang pada semua wanita yang normal.

Pembalut Avail saat haid

Saat haid datang, seringkali wanita merasa tak nyaman. Rasa tidak nyaman inilah yang kadang memicu kondisi fisik dan psikologis menjadi rentan. Rentan terhadap penyakit dan gampang merubah mood menjadi buruk. Sedangkan reaksi kesehatan yang ditimbulkan adalah radang atau inflamasi pada kulit daerah kemaluan wanita. Reaksi radang ini biasanya ditandai dengan kulit menjadi gatal, merah, basah, perih, berbau tidak enak, dan berair.

Mengganti pembalut saat haid


Seringkali ketika sedang haid, wanita terlalu sibuk untuk sekedar mengganti pembalut. Hal ini umumnya di alami oleh wanita yang masih duduk dibangku sekolah atau kuliah. Mereka enggan mengganti pembalut di toilet sekolah atau kampus dengan alasan toilet kurang bersih, tempatnya bau dan kotor, juga airnya kurang jernih. Begitu pula dengan wanita pekerja kantoran karena terlalu sibuknya bekerja sampai terkadang lupa untuk mengganti pembalut.

Untuk mengatasi masalah ini, perlu diperhatikan cara menggunakan pembalut saat datang bulan. Tujuannya adalah untuk menjaga agar daerah kewanitaan tetap sehat bersih dan segar sehingga tidak rentan terhadap serangan penyakit yang datang.


6 Hal yang Harus di Ketahui Ketika Mengganti Pembalut Saat Haid


Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban yang berguna seputar masalah haid dan pembalut wanita, dan cara mempertahankan agar siklus haid berjalan teratur saat sebelum, selama dan sesudah haid:

Pertanyaannya pertama adalah, Seberapa seringkah wanita untuk mengganti pembalut?

Disarankan untuk mengganti pembalut kurang lebih setiap tiga sampai empat jam sekali, ini tergantung pada seberapa derasnya arus haid yang dirasakan. Jika pada hari pertama haid dirasakan cukup banyak darah haid yang keluar, pembalut bisa diganti setiap 2 jam sekali. Hal ini dimaksudkan agar darah haid yang keluar tida terlalu lama mengendap pada pembalut, yang nantinya bisa menjadi sarang kuman dan bakteri.

Produk terkait:
Promo Lucky Box Avail
Beli Pantiliner Avail
Beli Pembalut Siang Avail Day Use
Beli Pembalut Malam Avail Night Use

Pertanyaan yang kedua, Bagaimana cara mengetahui bahwa pembalut harus segera diganti?

Beberapa ciri umum pembalut telah maksimal menyerap darah haid adalah adalah rasa lembab atau basah yang berlebihan, timbulnya banyak noda pada pembalut, dan berat pada pembalut semakin terasa. Nah jika sudah merasakan salah satu gejala diatas, disarankan untuk segera mengganti pembalut dengan yang baru. Sebab jika hal ini dibiarkan, maka pembalut akan kelebihan daya tampungnya, dan akibatnya darah bisa merembes keluar.

Pertanyaan ketiga, Bagaimana menyimpan pembalut agar tetap higienis?

Selalu simpan pembalut di dalam pembungkus atau bungkus rapat dengan plastik jangan sampai ada celah udara keluar masuk. Hindari penyimpanan pembalut bersamaan dengan sesuatu yang berbau tajam dan menyengat. Penyimpanan ini bertujuan untuk menjaga agar pembalut tetap steril dan higienis.

Pertanyaan keempat, Bagaimana cara terbaik untuk membuang sisa pembalut bekas pakai?

Bungkus pembalut bekas pakai dengan plastik dan rapatkan. Atau dapat juga dengan kertas tisu toilet lalu buanglah di tempat sampah. Perlu diperhatikan untuk tidak membuang pembalut bekasi ke dalam lubang toilet karena bisa menyebabkan penyumbatan. Atau menaruh pembalut bekas sembarang tempat karena bisa menyebabkan kontaminasi dan bakteri menyebar kemana-mana.

Pertanyaan kelima, Pembalut apakah yang paling tepat digunakan di malam hari?

Saat tidur, darah haid cenderung mengalir ke arah bawah atau bagian belakang. Karena itu, gunakan pembalut khusus malam hari yang berukuran lebih panjang untuk membantu mencegah kebocoran darah haid ke bagian belakang. Ini bisa membuat Anda lebih nyaman dan tidak cemas selama tidur.

Pertanyaan terakhir yang keenam, Bagaimana cara terbaik menjaga area kewanitaan agar tetap sehat dan bersih?

Rajin membersihkannya setiap hari dengan air yang mengalir. Membasuh area intim dari arah depan ke belakang, terutama setelah buang air besar. Selalu menjaga daerah tersebut tetap dalam kondisi yang kering. Sebab kondisi lembab dapat memicu pembiakan bakteri dan kuman. Untuk tetap menjaga kebersihan pribadi, Anda harus mengganti pembalut secara rutin untuk menghindari pembiakan bakteri.

Artikel terkait:
4 Cara Atasi Iritasi Akibat Pembalut Biasa
Saatnya Beralih ke Pembalut Avail
19 Merk Pembalut di Indonesia
Arti Warna Noda Pada Pantiliner Anda


Rajin untuk mengganti pembalut


Apapun alasannya, penting sekali bagi wanita untuk mengganti pembalut tepat waktu. Jika Anda sering merasa malas mengganti pembalut saat sedang datang bulan, buang jauh-jauh kebiasaan buruk itu jika tak ingin berdampak buruk pada kesehatan kulit area kewanitaan Anda.

"Kalau malas ganti pembalut nanti bisa jadi sumber penyakit. Darah haid itu kan darah kotor dan sesuatu yang kotor itu bisa menimbulkan penyakit!" Ujar Septi pemilik dari Toko Avail Jogja sebutik.com.

"Karena pada pembalut yang telah terkena darah haid atau darah kotor, dapat memancing timbulnya bakteri yang berkembang biak dan berdampak buruk untuk organ intim. Sebab darah merupakan media yang paling disenangi oleh bakteri, virus, dan kuman untuk berkembang biak." Kata Agen Avail Sleman itu menjelaskan.

Lebih lanjut ia menambahkan apabila si wanita yang sedang haid sangat malas untuk mengganti pembalut, maka darah haid bisa bocor atau meluber. Tentunya kondisi ini dapat mengganggu aktivitas harian seorang wanita.

Distributor Pembalut Avail di Yogyakarta


Sebagai Distributor Pembalut di Jogja, dia menjelaskan mengenai waktu dan seberapa sering penggantian pembalut sebenarnya dipengaruhi mood wanita pemakainya. Misalnya wanita yang gampang risih dengan darah haid akan lebih sering mengganti pembalut.

Oleh karena itu mengganti pembalut harus di waktu yang tepat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu selama masa haid atau menstruasi sangat disarankan bagi setiap wanita untuk selalu membawa atau menyimpan pembalut tambahan saat dirumah bahkan saat ingin bepergian.

Nah, artikel kesehatan diatas diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para wanita khususnya saat mengalami haid atau menstruasi agar dapat menjaga kesehatan kewanitaanya secara mudah dan tepat. Karena kesehatan daerah kewanitaan sangat penting dalam menjaga keharmonisasian dalam keluarga khususnya hubungan suami istri.

Jika ada hal atau informasi yang kurang jelas, Anda bisa datang dan berkonsultasi gratis dengan Septi Hermawati Konsultan Avail sebutik.com di Gerai Avail Jogja yang berlokasi di Gorongan III No.215 Condongcatur. Tepatnya disebelah barat Kampus UPN Veteran. Atau bisa konsultasi langsung melalui nomor 085643395684.