CS: 085643395684 (wa) - 081353004800 (call)

20 Jenis Permainan Anak Paud / TK Dalam & Luar Ruangan

Permainan Anak PAUD TK


sebutik.com - Macam dan Jenis Permainan Anak Paud / TK yang kreatif, edukatif dan paling seru. Dunia anak adalah bermain, hal itu sudah menjadi suatu kebiasan yang mutlak. Anak-anak tidak mungkin bisa dipisahkan dengan bermain, karena dengan permainan itulah masa tumbuh kembang anak dimulai.

Pada sekolah paud seperti playgroup dan tk, anak-anak di ajarkan mengenai beberapa permainan, yang tentunya sangat menarik dan menyenangkan. Macam permainan anak paud / tk terbagi dalam 2 macam, yaitu permainan di dalam ruangan dan permainan di luar ruangan. Beberapa diantaranya menggunakan alat, tetapi ada juga permainan tanpa alat.

Permainan Anak PAUD TK

Permainan anak paud / tk bertujuan memberikan jenis permainan untuk anak-anak di usia dini yang edukatif dan kreatif di dalam rumah dan di luar rumah khususnya taman kanak-kanak / TK / PAUD. Baik bagi para guru ataupun para orang tua bisa menerapkan permainan edukatif, kreatif dan juga seru untuk anak-anak.


Macam-Macam dan Jenis Permainan Anak PAUD / TK Yang Kreatif Edukatif dan Seru


Menurut tempatnya, permainan anak paud / tk dibagi menjadi 2 macam, yaitu permainan di dalam ruangan dan permainan di luar ruangan. Permainan dalam ruangan bisa didalam kelas. Tujuannya adalah agar anak-anak tidak merasa bosan, terlebih saat mereka berada di taman kanak-kanak dan membuatnya lebih betah ketika belajar dan bermain.


A. Permainan di Dalam Ruangan / Ruang Kelas


1. Permainan Anak Paud / TK – Tepuk Bersama

 Permainan yang sering digunakan para guru di dalam kelas ini, merupakan permainan yang edukatif dan paling simpel. Dimana dalam permainan ini, dapat melatih kekompakan serta kerja sama dan meningkatkan koordinasi tangan anak.

2. Permainan Anak PAUD / TK – Menyusun Balok atau Puzzle

Permainan edukatif ini juga dapat memacu daya saing dan berfikir anak dengan cepat. Permainan ini bisa dilakukan oleh masing-masing anak dan bisa juga dilakukan dengan berkelompok. Mainan yang digunakan umumnya balok unit pdk natural atau balok bangun kapla 200.

3. Permainan Anak PAUD / TK – Mencari Teman

Permainan mencari teman bertujuan mengajak anak untuk banyak bergerak dan berlari. Karena dalam permainannya anak-anak akan bermain dengan cara mencari pasangan yang disebutkan oleh gurunya.

Permainan ini juga dapat meningkatkan interaksi antar teman saat mencari pasangannya, juga dapat meningkatkan komunikasi terhadap anak, sehingga kemampuan anak dalam berkomunikasi juga dapat terlatih.

4. Permainan Anak PAUD / TK – Mewarnai

Dalam permainan ini, anak-anak bisa diberikan gambar pemandangan, hewan ataupun yang lainnya. permainan edukatif ini bertujuan melatih anak-anak untuk kreatif dan mempunyai daya pikir yang tinggi dan imajinasi yang luas dalam mengekspresikan kemampauan sang anak.

5. Permainan Anak PAUD / TK – Mencari Pasangan

Dalam permainan ini para guru bisa menyiapkan sepasang jepitan jemuran, sepasang kaos kaki, sepasang sendok makan, sepasang sendok makan dan sendok teh. Kemudian masukan semua benda tersebut ke dalam kotak yang besar lalu suruh anak-anak untuk mencari pasangannya. Setalah itu hitung ada berapa pasang.

6. Permainan Anak PAUD / TK – Bola-Bola Kayu

Permainan ini, anak-anak tidak akan merasa bosan bermain bola-bola kayu yang warna warni dengan diameter 5 cm yang berlubang tengahnya dan harus disusun secara vertikal pada lima tonggak yang mempunyai tinggi berbeda, sehingga mirip tusuk sate.

Sambil memasukan bola-bola ke tonggak, anak-anak akan berhitung. “Satu, dua, tiga dst”. Akan tetapi mainan ini buatan pabrik. Mainan ini bisa dibeli di toko-toko mainan. Dengan bermain dengan alat peraga, dapat meningkatkan konsentrasi dan mempertajam anak, sehingga nantinya, anak akan pandai menghitung benda apa saja dari 1 sampai 10.

7. Game Anak Anak TK Tebakan Jitu

Ini adalah permainan edukatif populer di anak-anak sekolah TK maupun SD. Dalam sebuah kantong hitang atau tidak tembus pandang ada sebuah benda didalamnya. Sang anak boleh untuk meraba / mencium / menggunakan semua indranya kecuali penglihatan. Tugas anak itu adalah menebak benda apa yang ada dalam kantong itu.

8. Game Seru Mancing Mania

Permainan ini menggunakan alat peraga edukatif. ape bisa buat sendiri ataupun membeli yang sudah jadi. Cara bermainnya adalah dengan membagi menjadi beberapa grup. Grup yang paling banyak hasil pancingannya lah yang menjadi juara dalam permainan ini.

9. Permainan Anak TK Lem Kertas Warna

Permainan edukasi ini bisa digunakan kelompok. Setiap kelompok anak diberikan beberapa bahan yaitu potongan-potongan kertas yang bewarna dan kertas yang sudah bergambar namun hitam putih. Tugas anak tersebut adalah menempelkan potongan kertas warna pada kertas gambar. dan lihat hasilnya apakah warna bisa terpadu dengan gambar. Sebelumnya beri tahu warna yang cocok, misal gunung bewarma biru / hijau, laut bewarna biru, sawah bewarna hijau, matahari bewarna kuning, dll.

10. Permainan Bongkar Pasang

Permainan seru anak-anak ini membutuhkan alat peraga edukatif yang bisa dibongkar pasang. Setiap grup dalam waktu yang sudah ditentukan akan berusaha untuk memasang kembali alat peraga / ape yang sudah dibongkar. Grup yang tercepat memasang kembali berhak menjadi juaranya.

B. Permainan di Luar Ruangan / Luar Kelas


1. Permainan Anak PAUD / TK – Sepak Bola

Permainan ini seperti permainan sepak bola biasa, akan tetapi untuk anak-anak tidak terlalu ketat dan keras. Tujuan dari permainan ini supaya otot-otot badab anak dapat terlatih, sehingga anak memiliki sistem perototan yang terbentuk secara baik dan sehat.

2. Permainan Anak PAUD / TK – Lempar Tangkap Bola

Seperti permainan sepak bola, permainan ini juga bertujuan melatih motorik kasar anak. Karena ketika bermain permainan ini, anak akan melompat dan menangkap bola. Alat bantu yang bisa digunakan juga sangat sederhana yaitu sebuah bola dan ruangan yang cukup atau di luar ruangan.

3. Permainan Anak PAUD / TK – Tom & Jerry

Permainan ini juga sangat mengasikan dan seru bagi anak-anak. Dalam permainannya, ada yang menjadi si Tom dan ada yang menjadi si Jerry. Tom harus bisa menangkap Jerry yang dihalangi oleh pagar-pagar yang terbuat dari gandengan tangan anak-anak yang lain.

Jika si Jerry berhasil ditangkap, maka Jerry akan menjadi Tom dan teman yang lain jadi si Jerry. Saat bermain, buatlah pagar yang tidak terlalu besar supaya permainan lebih seru.

4. Permainan Anak PAUD / TK – Menyusun dan Membangun Menara

Alat yang bisa digunakan yaitu sebuah balok-balok kecil. Kemudian setiap anak diharuskan membangun menara tersebut. Permainan bisa melatih anak dalam kesabaran dan ketelitian. Cara bermainnya, berilah masing-masing anak 5 sampai 10 balok, kemudian setiap anak harus membuat balok-balok tersebut tersusu rapi.

5. Permainan Anak PAUD / TK – Menjala Ikan-ikan

Cara bermainnya yaitu 2-3 anak disuruh untuk bergandengan tangan berperan sebagai jala ikan . sementara sisanya berperan sebagai ikan yang bebas berlarian di lapangan (di luar ruangan). Jika ada tanda (hitungan atau peluit dan bisa juga tepukan tangan) dari guru, maka anak-anak yang berperan sebagai jala harus berusaha menangkap ikan ( anak yang berlarian dalam ruangan).

Dengan cara mengurungnya di dalam lingkaran tangan. Dan anak yang berperan sebagai ikan, berusaha berlari menghindar jangan sampai tertangkap jala. Sehingga semakin lama jala tersebut akan lebar, dan ikan yang ditangkap semakin sedikit.

Permainan ini juga bisa dirubah dengan cara beberapa kelompok anak 2-3 pasang sebagai jala. Kemudian kelompok jala ini saling bersaing untuk menangkap ikan sebanyak-banyaknya.

6. Permainan Anak PAUD / TK – Hitam Hijau

Untuk bermain permainan ini, siapkan lapangan segiempat. Garis batas bisa dibuat dengan menggunakan kapur ataupun tali. Kemudian bagi lapangan menjadi dua. Pada masing-masing bagian, siapkan garis bebas dekat sisi terluar dari lapangan.

Cara bermainnya; bagi anak menjadi dua regu. Misalkan regu hitam dan regu hijau. Kemudian bariskan kedua regu tersebut di tengah lapangan. Masing-masing anak saling berhadapan satu sama lain.

Tugas dari setiap regu yaitu memperhatikan/mendengarkan nama baris yang disebutkan guru. Jika guru menyebut. Hiii…tam, berarti regu hitam harus segera berlari meninggalkan tempatnya untuk menuju garis bebas.

Sedangkan baris regu hijau berusaha menangkap pasangan dari baris hitam sebelum melewati garis bebas. Kemudian begitu pula sebaliknya untuk regu baris hijau. Pemenangnya yaitu regu yang anggotanya berjumlah paling sedikit yang tertangkap.

7. Game Lompat Tali

Dengan menggunakan tali atau karet yang disambung, 2 orang anak dipilih sebagai pemegang dan pemutar tali. Sedangkan anak lainnya melompat. Saat melompat, anak yang terkena tali atau tidak pas saat ayunan tali siputar maka dia yang bertugas untuk memegang tali. Begitu seterusnya.

8. Permainan Lompat Kodok
Pada permainan anak kali ini perlu dibuat garis awal dan akhir. Tiap anak akan bersaing untuk sampai ke garis akhir dengan cara berlompat seperti kodok. Anak yang berhasil sampai lebih dulu di garis akhir dialah pemenangnya.

9. Permainan Anak Paud / Tk - Si Elang dan Si Ular

Pada permainan anak tk paud ini, ada seorang anak yang menjadi si elang dan sisa anak lainnya menjadi si ular. Anak-anak yang menjadi si ular ini berbaris kebelakang dan memegang anak yang berada didepannya.

Anak yang berada paling depang adalah kepalanya dan paling belakang adalah ekornya. Cara bermainnya adalah anak yang menjadi si elang ini harus bisa mengambil/menangkap anak si ular yang berada pada posisi paling belakang/ekor. Anak yang menjadi kepala ular harus bisa menjaga / menghalangi si elang. Jika ada anak yang berhasil tertangkap, maka dia keluar dari barisan si ular.

Permainan ini berlanjut sampai si ular tinggal seorang anak, dan nanti berganti si kepala ular sendiri yang akan menjadi si elang.

10. Bermain Tap Jongkok

Permainan ini adalah permainan anak yang sudah cukup lama. Permainan tap jongkok adalah permainan yang dilakukan dengan berjongkok untuk menghindari pengejar. Permainan ini dimainkan oleh banyak anak dan tidak memerlukan alat bantu.

Caranya bermainnya adalah ada seorang anak yang bertugas untuk menangkap teman-temannya. Nah, jika si anak ini berhasil menyentuh/memegang temannya sebelum jongkok atau berkata "TAP", maka temannya itulah yang akan menggantikan dia untuk menjadi penangkap.

Serunya Permainan Anak PAUD TK


Demikian beberapa macam dan jenis permainan anak PAUD TK yang kreatif edukatif dan seru. Beberapa permainan diatas membutuhkan tenaga ekstra, dan bisa djadikan sebagai sarana olahraga bagi anak-anak. Untuk permainan anak tradisional lainnya bisa dilihat di daftar permainan anak-anak jaman dulu.

Artikel ini dimaksudkan agar dapat menjadi inspirasi bagi para guru dan orang tua murid untuk mengajak anak-anak bermain bersama. Karena bermain bersama teman-teman menjadikan anak-anak menjadi lebih ceria, sehat dan menyenangkan.
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2018. SEBUTIK EDUTOYS