CS: 085643395684 (wa) - 081353004800 (call)

Alat Permainan & Belajar Sentra Balok Anak PAUD TK

Alat Permainan dan Belajar Sentra Balok Untuk Anak PAUD TK - Pendidikan anak usia dini adalah jenjang pendidikan yang merupakan upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak usia 0-6 tahun yang dilakukan melalui  pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan  perkembangan anak. Contoh alat permainan untuk anak usia dini adalah sentra balok.

Sentra Balok merupakan kegiatan belajar melalui bermain untuk mempresentasikan ide ke dalam bentuk nyata (bangunan). Sentra yang dirancang khusus untuk menstimulasi kecerdasan logika matematika, bahasa, visual spasial, kerja sama, tolerasi dan juga dapat memecahkan berbagai masalah saat menuangkan ide/ gagasan anak dalam bentuk bangunan.

Sentra Balok

Sentra Balok Alat Permainan dan Belajar Anak Usia Dini


Pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui  jalur pendidikan formal, nonformal, dan informal. PAUD pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-Kanak (TK), Raudhatul Athfal (RA), dan bentuk lain yang sederajat. Pada jalur pendidikan nonformal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), dan bentuk lain yang sederajat.

Pengertian Sentra Balok


Pusat kegiatan belajar melalui bermain untuk mempresentasikan ide ke dalam bentuk nyata (bangunan). Di Sentra ini anak dapat memainkan balok dengan perbandingan satu anak minimal 100 pieces balok plus accesoris. Anak mendapatkan kesempatan bermain mikro melalui bangunan yang ia bangun.

Penekanan bermain pada start dan finish, dimana anak mengambil balok sesuai kebutuhan dan mengembalikan dengan mengklasifikasi berdasarkan bentuk balok. Efek yang diharapkan : anak dapat berfikir topologi, mengenal ruang dan bentuk sehingga dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial secara optimal. selain itu kemampuan bahasa anak terstimulasi.

Sentra balok merupakan sentra yang dirancang khusus untuk menstimulasi kecerdasan logika matematika, bahasa, visual spasial, kerja sama, tolerasi dan juga dapat memecahkan berbagai masalah saat menuangkan ide/ gagasan anak dalam bentuk bangunan. Setelah anak menyelesaikan proyek bangunannya, anak diberi kesempatan untuk bermain peran mikro dan bercerita tentang hasil karyanya.

Sentra balok adalah salah satu sentra yang disediakan bagi pendidikan anak usia dini. melalui sentra balok anak -anak dapat belajar banyak hal. Mengenal bentuk, ukuran, konsep ruang, klasifikasi, team work, mengembangkan imajinasi, menghargai pendapat orang lain, bermain micro drama.

Sentra Balok Metode Belajar PAUD TK


Model pembelajaran di level taman pendidikan anak usia dini atau selevelnya kini di dominasi menggunakan model pembelajaran sentra. Salah satu jenis pembelajaran sentra adalah sentra balok. Sentra balok sendiri adalah model pembelajaran bermain sambil belajar untuk mempresentasikan ide ke dalam bentuk nyata (bangunan).

Penekanan pada sentra balok sendiri pada start dan finish. Dimana anak mengambil balok unit sesuai dengan kebutuhan dengan mengklasifikasi berdasarkan bentuk balok.

Efek yang diharapkan dari metode sentra balok ini adalah anak bisa berfikir tipologi mengenal ruang dan bentuk sehingga dapat mengembangkan kecerdasan visual secara optimal dan dapat mengenal bentuk geometris yang sangat berguna untuk pengetahuan dasar matematika.

Contoh dalam sentra balok di dalam kelas adalah anak membangun masjid, bangunan rumah, dan lainnya menggunakan balok kayu. Setelah itu anak bisa mengeksplorasi dengan menjelaskan hasil karyanya.

Tahapan Dalam Bermain Sentra Balok


Tahap 1 Tanpa Bangunan
Anak meneliti ciri-ciri fisik dari balok dengan membuat suara-suara, memindahkan, menggerakkan, melakukan percobaan, dan memanipulasi balok dengan badannya sendiri, main mengisi dan mengosongkan.

Tahap 2 Susunan Garis Lurus ke Atas
Anak menumpuk atau menyusun balok-balok.

Tahap 3 Susunan Garis Lurus ke Samping
Anak menempatkan balok-balok bersisian atau dari ujung ke ujung dalam satu garis.

Tahap 4 Susunan Daerah Lurus ke Atas
Anak membangun dengan cara menggabungkan tumpukan-tumpukan balok dan/atau menumpuk garis demi garis (sisi demi sisi menumpuk).

Tahap 5 Susunan Daerah Mendatar
Anak mengkombinasikan barisan-barisan dari balok dalam daerah mendatar

Tahap 6 Ruang Tertutup ke Atas
Anak menempatkan dua balok sejajar yang berjarak dan menghubungkan diantara dua balok dengan satu balok di atasnya, membentuk lengkungan atau jembatan.

Tahap 7 Ruang Tertutup Mendatar
Anak membuat bentuk seperti kotak terbuka dari empat atau lebih balok-balok.

Tahap 8 Menggunakan Balok Untuk Membangun Bangunan Tiga Dimensi yang Padat
Anak membuat daerah mendatar dari balok dan menumpuk satu atau lebih lapisan dari balok; menyusun bangunan tiga dimensi yang penuh tidak berongga.

Tahap 9 Ruang Tertutup Tiga Dimensi
Anak membuat atap pada bangunan seperti kotak yang terbuka; menjadi ruang tertutup tiga dimensi.

Tahap 10 Menggabungkan/Mengkombinasikan Beberapa Bentuk Bangunan
Anak menggunakan bermacam-macam kombinasi dari bangunan-bangunan garis lurus, dua dimensi (daerah), dan tiga dimensi (ruang). BELUM DIBERI NAMA!
Permainan Representasi

Tahap 11 Mulai Memberi Nama
Anak membangun satu bangunan dan memberi nama pada balok satu-satu sebagai “benda” walaupun bangunan atau bentuk balok itu tidak seperti “benda” itu, tetapi tetap mewakili pikiran anak.

Tahap 12 Satu Bangunan, Satu Nama
Anak memberi nama pada seluruh bangunan balok sebagai satu “benda;” satu bangunan merepresentasikan satu benda. Beberapa tahapan sebelumnya harus ada, jangan disilaukan oleh nama atau cerita.

Tahap 13 “Bentuk-bentuk” Balok diberi Nama
Anak memberi nama “bentuk-bentuk ” balok dala satu bangunan mewakili “benda-benda”. Lebih dari satu balok digunakan untuk membentuk obyek (contoh: kursi).

Tahap 14 Memberi Nama Obyek-obyek yang Terpisah
Anak membangun bangunan termasuk obyek-obyek yang terpisah; memberi nama pada masing-masing obyek tersebut.

Tahap 15 Merepresentasikan Ruang Dalam
Anak membangun bangunan tertutup yang merepresentasikan ruang dalam; ruang dalam belum sempurna.

Tahap 16 Obyek-obyek di dalam Ditempatkan di Luar
Anak membangun bangunan tertutup yang merepresentasikan ruang dalam dan ruang luar; obyek di dalam ditempatkan di luar.

Tahap 17 Representasi Ruang Dalam & Ruang Luar secara Tepat
Anak membangun bangunan tertutup yang merepresentasikan ruang dalam dan ruang luar. Obyek-obyek di dalam dan di luar dipisahkan secara tepat.

Tahap 18 Bangunan Dibangun Sesuai Skala
Anak membangun bangunan dengan “bentuk-bentuk” balok terpisah; beberapa pengertian tentang skala mulai terlihat dalam bangunan.

Tahap 19 Bangunan Yang Terdiri Dari Banyak Bagian
Anak membangun secara rumit; teridir dari ruang dalam, petunjuk, jalan, dan pengertian skala.

TOKO SENTRA BALOK PAUD TK


Sebutik Edutoys menyediakan mainan edukatif anak, sentra balok paud dan mainan montessori tk berkualitas nontoxic dengan harga terjangkau. Terdapat 200 item mainan kayu edukatif dan 57 buku kain edukasi untuk anak usia dini.

Untuk info & order silahkan hubungi cs di 085643395684 dan dapatkan harga grosir balok unit  pdk dan sentra balok paud tk termurah dan terlengkap.


Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2018. SEBUTIK EDUTOYS