CS: 085643395684 (whatsapp)

22 Cara Mengajarkan Anak Cepat Membaca

Mengajarkan Anak Membaca


Mengajari membaca anak memang harus sabar, karena setiap anak selalu memiliki pemahaman yang berbeda-beda. Beberapa anak mungkin akan lebih cepat memahami kosa kata sehingga bisa membaca lebih lancar.

Mengajarkan kosa kata pada anak agar lebih cepat membaca ternyata tidaklah sulit. Hal ini tergantung dari bagaimana orang tua mengajarkannya, khususnya dalam mengajari membaca untuk anak usia dini.

Usia anak yang akan memasuki taman kanak-kanak sangatlah pas untuk diajari hal-hal yang baru seperti membaca, menulis, berhitung dan lainnya. Ini merupakan usia yang pas karena anak belum memiliki beban mental sehingga lebih mudah dalam memahami dan menangkap pelajaran yang disampaikan.

Adapun berbagai cara mudah dalam mengajari anak membaca. Anak akan lebih senang diajar dengan cara yang lebih menarik dan lebih mudah dipahami. Untuk itu, setiap orang tua harus punya cara yang lebih kreatif dalam mengajari anak membaca agar lebih senang dalam belajar.

Mengajarkan Anak Membaca

22 Cara Mengajarkan Anak Cepat Membaca


Berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk mengajarkan anak agar terbiasa dan mudah dalam membaca :

1. Jangan Terlalu Memaksa

Anak -anak biasanya tidak terlalu suka ketika terlalu dipaksa, akan tetapi para orang tua juga jangan menyerah saat anak tidak tertarik dalam belajar membaca. Bujuklah anak pelan-pelan hingga anak memiliki keinginan sendiri dalam bekajar membaca. Para Ibu harus lebih sabar ketika membujuk anak dalam belajar. Biasanya anak akan lebih mudah dibujuk agar mau diajari untuk membaca.

2. Buat dengan Cara yang Menyenangkan

Ada berbagai cara yang lebih menyenangkan dalam mengajari anak-anak membaca, khususnya bagi anak usia dini. Anak pastinya akan suka dengan cara yang menyenangkan seperti susunan abjad yang berwarna-warni. Mengajari dengan cara yang lebih menyenangkan akan membuat si kecil lebih semangat dalam belajar membaca dan lebih mudah dalam mengingat apa yang sudah dibaca.

3. Menggunakan Alat Bantu Tulis

Anak-anak biasanya akan lebih mudah memahami bacaan jika memakai alat bantu seperti spidol atau stabillo. Bagi para Ibu sebaiknya mencoba cara ini, cobalah untuk menggunakan spidol dengan warna yang berbeda supaya anak lebih mudah membaca dengan benar sekaligus merupakan cara yang asyik dalam belajar membaca. Hal ini sekaligus bisa digunakan untuk mengajari anak dalam membedakan warna.

4. Dengan Menggunakan Karpet Abjad

Sekarang ini banyak dijual karpet yang bergambar yang memiliki fungsi tertentu. Salah satunya adalah karpet abjad. Karpet abjad seringtkali dipakai untuk memudahkan anak-anak menghafal abjad sehingga lebih mudah untuk membaca. Ini merupakan salah satu cara menyenangkan untuk mengajarkan membaca pada anak.

5. Menggunakan Magnet Tempel Bermotif Huruf

Usaha untuk mengajarkan membaca pada anak sangatlah bervariasi, seperti halnya dengan membeli magnet tempel bermotif huruf yang bisa ditempelkan di kulkas. Ini tentunya akan sangat menarik perhatian anak dan membuatnya lebih familiar dengan huruf dan memudahkan untuk mengahafalkannya.

6. Memakai Kaos Dengan Motif Huruf

Bagi anak yang sedang memasuki tahap perkembangan otak yang cemerlang, tentu ini menjadi kesempatan besar bagi orang tua yang ingin mengajari berbagai hal, salah satunya adalah membaca. Bahkan para orang tua juga rela memakai kaos bermotif huruf demi kemudahan mengenalkan abjad pada si kecil. Dengan begitu, mereka tidak asing dengan berbagai huruf yang ditemuinya.

7. Menggunakan Puzzle Abjad

Mainan bongkar pasang ini akan menjadikan anak lebih senang bermain. Saat bermain itulah saat yang tepat untuk kita bisa mengajarinya mengenalkan huruf, mengeja bahkan membaca beberapa huruf  sekaligus.

8. Menggunakan Wallsticker Nama-nama Hewan

Anak lebih tertarik untuk melihat gambar hewan, hal ini bisa menjadi kesempatan untuk mengajarinya membaca. Jadi anak tidak hanya mengetahui nama hewan tetapi juga bisa membaca dan mengeja huruf bacaannya. Lihat contoh wallsticker anak.

9. Jangan Kaku Saat  Mengajari Membaca

Anak-anak akan  lebih merasa nyaman ketika para orang tua mengajari dengan santai. Terlalu tegang atau kaku hanya akan membuat anak tidak nyaman dalam belajar sehingga mereka akan sulit untuk memahaminya. Jika mengajarkan anak dengan suasana yang tidak asyik, tentunya hanya akan membuat anak malas untuk belajar membaca.

10. Mengajarkan Bacaan Umum yang Ada di Sekitar

Cara yang paling mudah dalam mengajarkan membaca pada anak adalah menggunakan apa yang sering dilihat di sekitarnya. Misalnya, kata Ayah, Ibu, Kakek, Nenek dan orang-orang sekitar. Cara ini lebih mudah diajarkan karena sering dilihat dan memudahkan anak untuk mengingatnya. Selain itu banyak benda lainnya seperti pintu, kursi, jendela dan sebagainya.

11. Memberikan Lebih Banyak Kosa Kata

Kosa kata sangatlah penting untuk Anak-anak, terutama bagi mereka yang baru belajar membaca. Dengan selalu mengajarkan kosa kata yang ada disekitar,  ini akan membuat anak anak lebih mudah menghafalkannya. Semakin banyak kosa kata yang diajarkan, maka akan semakin memudahkan anak-anak dalam membaca.

12. Belajar di Tempat yang Menyenangkan

Mengajari anak TK membaca harus memiliki inisiatif yang berbeda. Salah satunya dengan mengajaknya ke tempat-tempat yang menarik seperti di taman. Belajar tak melulu harus di dalam ruangan. Sesekali para Ibu bisa mengajak di kecil bermain sambil belajar membaca. Cara seperti ini mampu mendorong semangat anak dalam belajar membaca karena berada di tempat yang baru. Untuk itu, ajaklah si kecil belajar tidak hanya di dalam rumah.

13. Memintanya Membaca Setiap Kata Yang Ditemukan Dijalan

Bagi para Ibu, sesekali ajaklah si kecil keluar rumah dengan mengamati berbagai tulisan yang sering dijumpai di jalanan seperti petunjuk jalan, reklame dan masih banyak lagi. Meski terdengar sepele, tapi cara ini diyakini dapat merangsangkinerja otak dalam mengumpulkan kosa kata baru untuk dipelajari supaya mudah dalam membaca.

14. Memberi Nama Pada Benda

Walaupun cara ini sedikit ribet, akan tetapi justru akan membuat anak lebih mudah dalam menghafalnya. Cara ini bisa dilakukan dengan memberikan nama pada benda yang ada disekitar seperti sepatu, tas, kaos kaki, sepeda dan lainnya. Caranya bisa dilakukan dengan menggunakan gambar yang ditulisi pada bagian bawah. Ini akan membuat si kecil mudah untuk menghafalnya. Jangan lupa dicoba di rumah ya, para Bunda.

15. Fokuskan Pada Satu Benda

Walaupun usia 4 tahun merupakan masa yang paling efektif dalam mengajarkan banyak hal, sebaiknya fokuskan terhadap satu benda terlebih dahulu. Misalnya benda yang ada di ruang tamu seperti meja, kursi, vas bunga dan sebagainya. Dengan memfokuskan terhadap hal tertentu, maka akan membuatnya lebuh mudah mengingat walaupun sudah berpindah mengajarkan hal yang lain.

16. Menciptakan Suasana Yang Kreatif

Mengajari membaca anak TK harus dengan cara yang berbeda. Cobalah untuk menciptakan suasana yang kreatif agar anak merasa tidak sedang belajar. Dengan memakai cara yang lebih kreatif akan membantu perkembangan otak kanan yang akan memudahkan anak dalam belajar membaca. Melatih perkembangan otak kanan harus dimulai sejak kecil untuk menghasilkan tumbuh kembang yang lebih terjamin.

17. Membacakan Cerita Sebelum Tidur

Membacakan cerita sebelum tidur ternyata memiliki efek yang baik untuk meningkatkan daya ingat anak. Saat anak mendengar cerita pengantar tidur, otak lebih mudah menstimulasi kosa kata yang ia dengan menjelang tidur.

Anak yang dibacakan cerita memiliki kemampuan menyerap kosa kata lebih cepat sehingga ia lebih mudah dalam belajar membaca. Baca manfaat membacakan cerita / mendongengkan anak.

18. Melatih Anak Bercerita

Sebagai orang tua yang ingin anaknya lebih mudah belajar membaca, maka berikan kesempatan untuk bercerita tentang kesehariannya dengan menulis. Setelah itu, mintalah anak untuk membaca apa yang telah ia tulis. Cara ini bertujuan untuk membantu anak dalam menyerap berbagai kata baru dari apa yang mereka dapatkan.

19. Jangan Menyuruh Untuk Mengulang Kata Yang Sama

Terkadang para orang tua mengajarkan dengan cara yang salah, yaitu dengan menyuruh anak mengulangi kata yang telah mereka baca. Meklakukan pengulangan seperti ini justu akan membuat anak-anak bosan. Sebaiknya berikan contoh kalimat lain yang ada disekitar supaya anak tidak cepat bosan ketika belajar membaca.

20. Membedakan Bunyi Bacaan

Dalam belajar membaca tentunya akan menemukan perbedaan dalam cara membacanya. Contohnya terdapat pada kata “Sedih” dan “Bete”. Keduanya memiliki perbedaan saat membacanya. Ketika mengajari anak membaca, sebaiknya jangan setengah-setengah agar mereka lebih sempurna mempelajari tata cara membaca yang baik dan benar.

21. Ajarkan Membaca Sesering Mungkin

Perkembangan anak usia 4 tahun memang paling efektif untuk belajar membaca karena pembentukan otak memasuki tahap yang sempurna dan akan berpengaruh dengan cara berpikir saat mereka dewasa. Untuk itu, ajarkan membaca sesering mungkin karena sangat bagus untuk mengumpulkan kosa kata yang akan membuatnya lebih mudah ketika berkomunikasi.

22. Berikan Dukungan Agar Anak Lebih Semangat

Dukungan dari orang tua sangatlah penting, terutama setelah anak berhasil melakukan dengan benar atas apa yang telah diajarkan. Untuk itu, jangan lupa untuk memberikan pujian jika perlu hadiah kecil agar ia lebih semangat dalam belajar. Dukungan dari orang tua mampu dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak.

Anak Pintar Membaca


Membaca adalah ilmu yang wajib dilakukan sejak dini. Mengajarkan membaca pada Anak yang paling efektif adalah saat mereka berusia 4-5 tahun karena perkembangan otak yang mudah untuk menerima beberapa pembelajaran baru.

Untuk itu diharapkan bagi orang tua agar selalu memiliki cara kreatif dalam mengajari anak membaca, khususnya untuk anak-anak.

Bukankah waktu 4 tahun jadi sangat panjang untuk anak bisa membaca jika kita memulainya sejak dini? Pendidikan pada balita atau batita, bukan belajarnya yang dilarang, tapi bagaimana menyampaikannya yang harus tepat atau dengan kata lain bermain sekaligus belajar.

Demikianlah sekelumit tulisan yang terangkum dalam artikel 22 Cara Mengajarkan Anak Cepat Membaca, semoga bisa memotivasi para orangtua dalam memberikan edukasi yang tepat bagi anak sehingga anak pintar membaca.
Share this article :
 
Copyright © 2018. SEBUTIK EDUTOYS