CS: 085643395684 (wa) - 081353004800 (call)

12 Langkah Memulai Usaha & Bisnis dari Nol untuk Pemula

Memulai Usaha Baru / Bisnis Dari Nol


Saat seseorang akan memulai usaha atau bisnis, pasti yang ada kali pertama dalam pikiran adalah bagaimana cara memulainya. Tidak sedikit orang yang bingung tidak tahu harus memulai dari mana.

Untuk itu diperlukan suatu konsep pemikiran (mindset) dalam mencari jenis usaha atau bisnis yang akan di jalankan. Masalah ide dalam memulai sebuah usaha yang tak kunjung di wujudkan atau terlalu takut akan kegagalan adalah masalah terbesar yang kerap kali menghambat di mulainya sebuah usaha baru.

Memulai sebuah usaha, apalagi yang dimulai dari nol bukanlah hal yang mudah memang. Banyak sekali hal – hal penting yang musti anda persiapkan agar tidak terjerumus kedalam faktor kegagalan wirausaha. Mulai dari strategi pemasaran dan juga menentukan usaha apa yang kiranya pantas untuk anda kembangkan kedepannya.

Jika anda adalah salah satu yang ingin merintis sebuah usaha dari nol, berikut beberapa cara memulai usaha dari nol yang bisa anda terapkan dan pelajari :

Memulai Sebuah Usaha


12 Langkah untuk Memulai Usaha / Bisnis Pemula


Hambatan terbesar saat membuka usaha adalah memulainya. Jika Anda sudah melalui fase ini, maka langkah selanjutnya relatif bisa Anda jalani. Untuk memulai usaha baru atau bisnis untuk pemula, mari kita coba langkah-langkah berikut ini.

1. Mulai!
Langkah pertama adalah memulainya. Apakah Anda sudah memikirkan apa yang akan dikerjakan? Kalau sudah mari kita mulai!

2. Siapkan Mental
Hal kedua yang harus disiapkan adalah mental. Mental pengusaha berbeda dengan karyawan. Karyawan cenderung menghabiskan gaji bulanannya. Sedangkan, pengusaha harus menginvestasikan sebagian penghasilannya untuk mendapatkan pemasukan yang lebih besar. Maka, ketika kita sudah memilih untuk membuka usaha, terapkanlah mental sebagai pengusaha.

3. Siapkan Modal
Apapun jenis usahanya, pasti memerlukan modal. Modal terbagi dalam 2 jenis, yaitu modal harian dan modal jangka panjang (investasi). Banyak pengusaha yang mengeluhkan modal. Sebenarnya, tak perlu dirisaukan. Dengan modal kecil pun Anda sudah bisa membuka usaha. Besarnya modal tergantung dari besar atau kecilnya usaha yang Anda jalankan.

4. Bidang Usaha
Tentukan lebih detail terhadap bidang usaha yang akan Anda buka. Anda bisa memilih bidang usaha yang belum pernah ada atau yang sudah banyak dilakukan orang. Tetapi akan lebih baik jika Anda sudah memiliki dasar pengetahuan terhadap bidang usaha tersebut.

5. Lokasi
Lokasi merupakan peran penting dalam membuka usaha. Lokasi yang ramai diyakini akan membuat usahamu cepat dikenal dan menarik banyak peminat. Pilih lokasi yang strategis, yaitu dekat dengan tempat aktivitas masyarakat seperti kantor, sekolah, atau kampus.

6. Fokus
Fokuslah pada satu bidang usaha terlebih dahulu. Banyak pengusaha yang gagal saat mulai berkembang, karena tidak fokus pada peningkatan bisnis awal, melainkan terlalu banyak ingin mencoba bidang usaha lain.

7. Cari Pelanggan
Kenalkan bidang usaha Anda ke luar. Sebarkan informasi barang dagangan atau usaha jasa Anda ke semua orang, agar bisa mendapatkan klien. Ada banyak cara untuk promosi, baik dari media cetak, internet bahkan promosi secara langsung.

8. Cara Berbisnis
Sebenarnya, berbisnis itu mudah, kok. Contohnya, barang seharga Rp1000, tugas Anda adalah menjualnya dengan harga lebih dari itu, misalnya Rp. 1.500. Intinya, dari sebuah barang, Anda bisa menjualnya dengan memperoleh keuntungan. Setelah itu, juallah barang tersebut sebanyak-banyaknya.

9. Pegawai
Pada awal membuka usaha, Anda hanya membutuhkan sedikit pegawai. Selain Anda sendiri yang mengurus usaha tersebut, Anda bisa melibatkan pasangan atau anggota keluarga yang lain untuk ikut mengelola. Tujuannya agar mereka dapat ikut merasa memiliki usaha tersebut. Setelah usaha Anda berkembang, Anda bisa mempekerjakan pegawai tambahan.

10. Perencana Keuangan
Keuangan untuk membuka bidang usaha, tak hanya terpaku pada modal awal. Ketika usaha sudah berjalan, Anda harus pandai mengatur alur keluar masuknya uang. Pisahkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Banyak pengusaha yang gagal karena keuangan pribadi dan bisnis, tercampur aduk.

11. Risiko
Membangun bisnis, tentu saja ada risikonya. Namun, kalau Anda sudah menyadari risikonya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Semakin maju usaha Anda, reputasi Anda semakin dipertaruhkan. Karena itu, sambil menjaga kelangsungan bisnis, Anda juga harus terus menjaga reputasi.

12. Antisipasi Kegagalan
Risiko kegagalan dalam berbisnis, selalu ada. Karena itu Anda dituntut untuk bersikap tegas dan cepat bertindak, terutama bila melihat sesuatu yang tak beres dalam usaha yang sedang Anda jalankan. Meminimalisir kegagalan adalah upaya yang tepat sebelum kegagalan itu datang menghampiri.

Usaha Baru dan Peluang Pekerjaan


Saat ini, banyak orang-orang yang semakin sulit untuk mendapat pekerjaan, apalagi bagi orang-orang yang tidak memiliki keahlian khusus. Membuka usaha sendiri dapat menjadi suatu peluang bagi Anda untuk dapat menghasilkan uang.

Memang tidak dapat dipungkiri, usaha sendiri terdengar sangat mengiurkan, menjadi boss untuk diri sendiri, waktu kerja bisa lebih fleksible, dan keuntungan yang didapat apabila usaha tersebut sukses tergolong besar. Akan tetapi, resiko yang dihadapi pun jadi jauh lebih besar dibanding menjadi karyawan perusahaan.

Tentunya untuk merintis sebuah usaha pasti bukan hal yang mudah dan bisa di anggap remeh. Apalagi bagi para pemula dan bahkan yang tidak memiliki modal usaha sama sekali. Karena kebanyakan presepsi yang beredar di masyarakat adalah tentang peranan utama dari modal atau perlunya banyak uang dalam memulai sebuah usaha.

Walaupun tak sepenuhnya salah, namun sebenarnya jaringan atau networking adalah peranan penting dalam merintis sebuah usaha selain dari peranan modal atau uang. Contoh usaha mainan anak.

Hal terpenting dalam memulai sebuah usaha yang benar – benar dari nol adalah sebuah jaringan responsif yang luas dan konsisten dalam menjalankannya. Karena usaha yang dilakukan setengah - setengah tidak akan mampu bersaing dan bertahan lebih lama.

Demikianlah artikel mengenai 12 Langkah Memulai Usaha & Bisnis dari Nol untuk Pemula, semoga sedikit coretan ini menambah wawasan dan keberanian Anda untuk segera memulai sebuah usaha baru.

Share this article :
 
Copyright © 2018. SEBUTIK EDUTOYS