CS: 085643395684 (wa) - 081353004800 (call) LIBUR LEBARAN 11 s/d 25 JUNI 2018

12 Cara Cepat Belajar Berhitung Anak Usia Dini

Belajar Berhitung Bagi Anak


Berhitung tergolong dalam kategori ilmu eksak, tepatnya matematika. Tak sedikit orang yang menganggap bahwa matematika ialah pelajaran yang sulit dipahami. Terlebih lagi bagi anak-anak PAUD/TK. Sepertinya tampak begitu susah mengajari mereka cara berhitung sebab dunianya masih asik bermain.

Apakah Anda setuju dengan larangan belajar calistung untuk anak usia dini? Sebenarnya, menghitung mainan 1,2,3 juga termasuk belajar berhitung bukan?

Apakah kita harus menunggu hingga anak masuk TK baru mengajarkannya menghitung jumlah tangan dan mata yang ia miliki?

Namun apabila tak diajarkan pun, takutnya anak malah mengalami keterlambatan daya berfikir. Menghadapi kegundahan tersebut, bunda tak perlu terlalu khawatir. Karena belajar berhitung tidak selalu membosankan kok!

Tak ada salahnya kita memperkenalkan angka dan menghitung melalui cara yang benar. Anak-anak belajar melalui bermain dan bereksplorasi. Sejak mulai bisa berjalan, mereka pun mulai mengeksplorasi dunia di sekitarnya, yaitu seisi rumah.

Dengan sedikit kreativitas, belajar berhitung bisa dilakukan dengan cara yang sangat menyenangkan dan belajar berhitung bisa dimulai dari hal-hal sederhana.

Belajar Berhitung

Tips Belajar Berhitung Pada Anak Usia Dini


Cara mengajari anak berhitung sebenarnya tidaklah sulit. Sebab pada usia 0-5 tahun, anak-anak berada pada masa golden age. Yakni masa dimana otaknya mengalami perkembangan yang optimal. Ia dapat menangkap segala hal dengan mudah.

Dan ketika usaianya mencapai 4 tahun, syaraf motorik dan sensorik berkembang lebih matang. Anak lebih siap untuk menerima ilmu-ilmu baru. Termasuk berhitung.

Banyak sekali cara untuk mengajak mereka belajar berhitung sambil bermain. Cobalah 12 cara sederhana berikut, agar perkembangan kemampuan si Kecil lebih optimal. Kira-kira apa saja? Berikut ini ulasan lengkapnya!

1. Belajar berhitung dengan gerakan jari

Cara ini adalah cara pertama yang paling banyak dilakukan orangtua untuk mengajari anak berhitung. Tunjukkan angka 1,2 dan 3 melalui jari tangan, sesekali di iringi tepukan tangan. Dengan interaksi gerakan tangan antara orangtua dan anak dapat terjalin komunikasi yang baik.

2. Belajar berhitung melalui mainan

Banyak anak suka mainan kereta, contohnya seperti kereta angka. Ajak si Kecil belajar berhitung melalui mainan kesayangannya, melepas dan memasang kembali angka-angka yang ada pada kereta mainan.

Atau dengan mainan puzzle anak bergambar angka, bermain sambil belajar mengenal angka akan menjadi semakin menyenangkan bagi anak.

3. Belajar berhitung dengan buku

Untuk mengoptimalkan kemampuannya, tidak ada salahnya Bunda membeli buku berhitung. Biasanya buku berhitung khusus anak memiliki gambar-gambar didalamnya. Materi dan soal-soalnya disampaikan lewat cara yang menyenangkan.

Misalnya melalui buku kain atau buku bantal mengenal angka. Angka bisa mengenal angka melalui gambar-gambar yang ada pada buku dengan menghitung jumlah buah-buahan yang ada pada halaman buku.

4. Belajar berhitung dengan menggambar

Cara menyenangkan berikutnya untuk mengajari anak berhitung yakni dengan menggambar. Metodenya hampir sama dengan buku berhitung. Jadi menuangkan pejumlahan atau pengurangan dalam bentuk gambar-gambar. Misalnya Bunda menggambar 3 buah bunga dengan 2 bunga, lalu mintalah anak menghitung total jumlahnya, kemudian menggambarkannya sebanyak 5 tangkai bunga. Metode ini terbilang cukup bagus. Sebab selain mengajari anak tentang ilmu matematika, juga mengasah daya kreatifitasnya.

5. Saat ulang tahun pertama, ajak ia mengenal angka 1

Mungkin kita tidak menyadari, bahwa saat si Kecil berulang tahun pertama pun ia sudah mulai mengenal angka melalui lilin di kue ulang tahunnya. Manfaatkan momen tersebut untuk memperkenalkan angka lainnya, misalnya 2 dan 3 kepada mereka.

6. Belajar menghitung makanan

Kita dapat mengajarkan berhitung angka 1, 2, dan 3 bahkan saat mereka makan. Misalnya, taruh 2 butir kacang polong di sendoknya. Lalu katakan, "Ini ada 2 kacang polong untuk Adik...."

Begitu juga dengan permen ataupun cokelat kancing kesukaannya. Ajak ia menghitungnya terlebih dahulu sebelum ia menyantapnya.

7. Belajar berhitung melalui lagu

Lagu Satu Satu Aku Sayang Ibu, adalah salah satu lagu anak untuk belajar berhitung. Nyanyikan sambil memperagakannya dengan jari, sehingga si Kecil mulai mengenal hitungan 1, 2, dan 3. Untuk anak yang lebih besar, lagu Balonku Ada Lima dapat melatih logikanya mengurangi bilangan.

Sayangnya sampai saat ini tidak banyak lagu berbahasa Indonesia yang edukatif. Tak ada salahnya kita mengambil lagu anak-anak berbahasa Inggris agar mereka tumbuh jadi anak multilingual. Untuk mencari lagu anak berbahasa Inggris, Anda bisa googling dengan kata kunci 'nursery rhyme'. Dan untuk download lagu anak-anak bahasa indonesia bisa di cari di Kumpulan Lagu Anak-anak.

8. Memasang poster simbol angka di tembok

Memasang poster angka di tembok juga merupakan alternatif tepat agar anak mudah belajar berhitung. Bunda bisa memasang poster tersebut di kamar si anak. Sehingga setiap hari anak akan melihatnya. Dan lama-kelamaan, anak pasti akan semakin mengingatnya.

Poster simbol angka atau wallsticker mudah ditemukan di toko-toko yang menjual peralatan sekolah. Bunda juga bisa membuatnya sendiri. Usahakan untuk memilih atau membuat poster yang menarik, berwarna warni dan unik. Agar anak juga senang melihatnya.  Dan yang terpenting, mintalah anak untuk melafalkannya setiap hari. Jangan jadikan poster tersebut hanya sebagai pajangan ya!

9. Belajar menghitung buah dalam kulkas

Hampir setiap balita senang sekali mengaduk isi kulkas. Mereka suka dengan buah-buahan yang bulat dan warnanya menarik. Jadi, manfaatkan saja tomat, jeruk, atau apapun yang menarik perhatiannya untuk belajar berhitung.

10. Menghitung saat memakai sepatu

Balita senang sekali mencoba sepatu ayah ibunya bukan? Sepatu yang kebesaran dan sepatu berhak tinggi Bunda adalah sasarannya. Nah cobalah ajak ia menghitung sepatu, karena mereka akan cepat sekali belajar melalui benda-benda yang menarik perhatiannya.

Setiap kali memakaikan sepatu kepada si Kecil, ajaklah menghitung sepatunya. Walau baru sampai angka 2, ini merupakan langkah yang baik untuk mengenalkan angka kepada mereka. Untuk anak yang lebih besar, lanjutkan dengan menghitung beberapa pasang sepatu di rak sepatu.

11.  Melalui aplikasi games anak

Games adalah salah satu cara belajar berhitung yang jitu untuk anak-anak. Sebab games anak adalah salah satu cara yang paling mudah untuk menarik minat anak.

Tips: selalu coba dulu mainkan aplikasi yang Anda unduh untuk anak, lalu temani mereka bermain. Batasi waktu bermain gadget, dan unduhlah hanya aplikasi-aplikasi edukatif yang bermanfaat bagi mereka.

12. Melalui film anak-anak

Sayangnya film edukatif Indonesia sangat minim sekali. Walau kita dapat menemukan berbagai film untuk belajar berhitung di Youtube, tidak ada yang benar-benar bagus kualitas visual maupun kontennya.

Untuk film berbahasa Inggris, pilihlah film edukatif seperti Umizoomi, Baby Einstein, atau Sparkabilities yang banyak mengenalkan angka dan hitungan kepada anak-anak.

Alat Peraga Berhitung Anak


Banyak sekali ide mengajak balita belajar berhitung bukan? Ayo, kita coba satu per satu, agar si Kecil lekas pandai mengenal angka dan berhitung dengan artikel Cara Mudah Belajar Berhitung Anak diatas.

Jika bunda membutuhkan alat peraga edukatif (ape) bisa langsung ke Sebutik Edutoys di jalan gorongan 3 no.215. Kami menyediakan mainan edukasi & ape untuk anak usia 1-5 tahun. Mari ajak anak bermain sambil belajar berhitung bersama sebutik edutoys.

Share this article :
 
Copyright © 2018. SEBUTIK EDUTOYS